Xperience Team

13 Oct 2020 - 3 min read

Alasan Bisnis Salon & Kecantikan Harus Go Online di Tengah Pandemi

Tak ada yang diuntungkan dari virus corona. Mungkin begitu lah pernyataan yang bisa menggambarkan dunia bisnis di Indonesia sejak Maret lalu hingga sekarang. Pasalnya, penyakit COVID-19 yang disebabkan virus corona membuat banyak pihak merugi, terutama para pelaku bisnis.

Beberapa pelaku bisnis yang bisa dibilang paling merugi adalah mereka yang menjalankan bisnis di dunia pariwisata dan hiburan, misalnya bisnis salon. Di tengah pandemi dengan aturan PSBB-nya membuat salon harus kehilangan banyak pelanggan.

Banyak orang yang memilih menunda untuk ke salon demi tidak tertular COVID-19. Hal ini membuat para pelaku bisnis harus memutar otak agar bisnis tetap bisa berjalan di tengah pandemi. Lantas, apa langkah yang harus dilakukan?

Cari Peluang dengan Layanan Online

Tentunya di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak kebiasaan masyakarat yang berubah. Maka dari itu, Anda harus pintar membaca peluang demi bisnis bisa beradaptasi. Salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah dengan go online atau mencari peluang lewat layanan online.

Kebiasaan masyarakat saat pandemi yang berubah adalah berkegiatan selalu secara online. Mulai dari sekolah, kerja, hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari dilakukan secara online. Di bagian ini lah, bisnis Anda bisa masuk ke kehidupan mereka.

Misalnya untuk bisnis salon kecantikan, Anda bisa memanfaatkan platform online untuk memberikan promosi menarik hingga melakukan reservasi secara praktis.

Keuntungan Merambah Dunia Online di Tengah Pandemi

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika bisnis salon bergerak ke ranah online. Adapun keuntungannya adalah:

Menekan Budget Operasional

Hal krusial yang harus diperhatikan saat menjalankan bisnis di tengah pandemi adalah bijak dalam mengeluarkan uang. Segala lini bisnis dituntut bisa berhemat karena pemasukan berkurang akibat berkurangnya pelanggan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dengan merambah dunia online, Anda bisa menekan beberapa biaya operasional. Misalnya jika biasanya, bisnis salon harus membuat budget untuk promosi offline dengan membuat acara dan membutuhkan biaya sewa tempat, listrik, hingga sewa hiburan. Kini Anda bisa melakukan promosi bermodalkan data internet saja.

Buatlah promosi menarik di platform online, misalnya memberikan promo diskon. Kemudian buat promosi tersebut dengan desain menarik dilengkapi dengan foto-foto salon maupun layanan yang diberikan. Sehingga calon pelanggan mendapatkan informasi dengan baik dan terdorong untuk memesan layanan bisnis Anda.

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Keuntungan lainnya merambah dunia online adalah Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Jika dahulu, Anda hanya bisa menjangkau pasar, yakni pelanggan yang berlokasi di dekat salon, kini calon pelanggan di luar wilayah tersebut bisa memesan layanan salon.

Menjalankan bisnis salon secara offline bisa dibilang hanya menjangkau beberapa pelanggan atau jumlah pelanggan yang datang sangat terbatas. Namun dengan go online, Anda bisa menemukan pelanggan baru yang pada akhirnya meningkatkan jumlah pelanggan dan berpengaruh pada pendapatan.

Memberikan Kemudahan untuk Pelanggan

Tak hanya menguntungkan untuk pelaku bisnis, dengan merambah dunia online, calon pelanggan pun akan mendapatkan keuntungan. Pasalnya, pelanggan bisa mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan jasa layanan salon.

Misalnya di tengah pandemi ini Anda membuat layanan salon at home, yakni petugas salon mendatangi rumah pelanggan. Pelanggan tak perlu datang ke salon, cukup mengakses situs atau platform online untuk melihat layanan yang tersedia, lalu melakukan reservasi dengan sekali klik.

Langkah ini menjadi simbiosis mutualisme karena baik pelaku bisnis maupun pelanggan sama-sama diuntungkan. Pelaku bisnis mendapatkan pelanggan, sementara pelanggan bisa mendapatkan layanan salon dengan mudah dan praktis, tanpa memakan waktu lama.

Go Online dengan AXES by Traveloka

Ada ragam platform online yang bisa Anda manfaatkan untuk mempertahankan bisnis salon di tengah pandemi. Namun Anda harus memilih platform yang benar-benar memberikan manfaat untuk keberlangsungan bisnis, seperti AXES by Traveloka. Hingga kini, ada lebih dari 2.000 bisnis telah mempercayai AXES untuk menjalin hubungan yang kuat dan sinergis.

Anda bisa mengembangkan bisnis dan pasar dengan bergabung menjadi partner AXES demi meningkatkan jumlah pelanggan, bahkan di tengah pandemi. Hal ini dikarenakan AXES menghadirkan fitur-fitur yang bisa memberikan solusi bisnis berbasis teknologi.

Mengapa Anda harus bergabung menjadi partner Traveloka AXES?

Bisa ajukan produk 4x lebih cepat: Kelola bisnis dan terhubung ke jutaan calon pelanggan lebih cepat dengan sistem AXES.
Bisa atur pesanan dan staf dengan lebih optimal: Kemudahan mengatur pesanan yang datang dan menjalankan operasional bisnis.
Raih peningkatan penjualan hingga 5x lipat: Gunakan deretan fitur yang mendukung pengelolaan reservasi dan marketing.

Cara bergabung menjadi partner Traveloka pun mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan aktivitas melalui axes.traveloka.com. Klik tombol Daftar Sekarang di atas, lalu isi informasi bisnis, kategori produk, dan data diri. Selanjutnya, Anda akan menerima 2 email yang dapat digunakan untuk mengaktifkan akun dan masuk ke dashboard AXES.

Mari buat bisnis salon dan kecantikan Anda makin untung di tengah pandemi bersama AXES!

Tags:
AXES by Traveloka
AXES
Salon Kecantikan
tips bisnis
https://ik.imagekit.io/tvlk/image/imageResource/2020/09/07/1599465753575-77f524797308ad6f969af1ffba78ce3d.png?tr=q-75
Copyright © 2020 Traveloka. All Rights Reserved.