Xperience Team

06 Nov 2020 - 4 min read

Langkah yang Harus Dilakukan Jika Ingin Membangun Bisnis Salon

Segala perawatan rambut, wajah, hingga tubuh memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun untuk beberapa masalah kecantikan, banyak orang yang membutuhkan perawatan dari pakarnya. Maka dibutuhkan salon rambut hingga salon kecantikan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tak heran jika bisnis salon menggiurkan karena memiliki target pasar yang luas. Namun hal tersebut bisa didapatkan jika Anda tak salah mengambil langkah. Membangun bisnis salon tidak lah mudah, maka jika Anda memiliki rencana membuka salon, jangan lupakan langkah-langkah berikut ini.

Tentukan Konsep Salon

Memulai bisnis salon tak hanya seputar memberikan perawatan terbaik. Namun Anda harus memikirkan konsep salon. Dengan begitu, Anda bisa menentukan target pasar yang dituju dan berapa modal yang harus dikeluarkan.

Adapun konsep salon pada umumnya adalah salon rambut yang memberikan layanan potong rambut, hair spa, pewarnaan rambut, hingga hair styling. Jika ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda bisa menambahkan konsep salon kecantikan.

Salon kecantikan menyediakan layanan rias wajah hingga penyewaan baju. Anda pun bisa memilih salon yang menyediakan perawatan wajah dan tubuh. Umumnya, salon ini memberikan layanan spa, manicure, pedicure, facial, lulur, hingga pijat refleksi.

Buat Rincian Modal

Setelah menentukan konsep, saatnya Anda menentukan berapa besar modal yang dibutuhkan. Merancang modal sangat penting untuk membantu keberlangsungan bisnis hingga bersaing dengan kompetitor. Faktanya, perencanaan bisnis yang matang akan membawa Anda bisa menyelesaikan masalah yang muncul.

Anda bisa memulai menyusun rincian modal salon dengan membuat daftar kebutuhan salon beserta harganya. Rincian modal yang Anda harus susun untuk memulai bisnis salon antara lain harga sewa atau beli lokasi serta perizinannya, peralatan salon dan masa penggunaan, dan biaya operasional seperti listrik.

Selain itu, susun biaya gaji karyawan hingga promosi salon. Biarpun promosi salon kini bisa dilakukan secara online, Anda juga membutuhkan biaya untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan. Misalnya dengan memasang iklan online hingga mendatangkan influencer untuk mempromosikan salon Anda.

Pilih Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi salon kecantikan memainkan peranan penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Makapilih lokasi yang strategis. Misalnya menyewa lot di pusat perbelanjaan atau ruko yang berdekatan dengan restoran atau tempat usaha lain yang ramai.

Langkah ini bisa digunakan untuk menggaet pelanggan baru yang merupakan pelanggan tempat usaha sebelah Anda. Namun jika Anda ingin memulai bisnis salon rumahan demi menekan budget, Anda harus mengambil langkah strategi lain.

Dengan mengetahui lingkungan sekitar, Anda bisa membuat promosi dengan pendekatan kekeluargaan ke para tetangga. Sehingga lingkungan sekitar tertarik untuk menjadi pelanggan salon Anda.

Pilih SDM Berkualitas dan Kelola dengan Baik

Agar bisnis salon Anda berjalan dengan lancar, diperlukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas demi membuat pelanggan ingin kembali lagi ke salon Anda. Selain memilih SDM berkualitas dari proses perekrutan, Anda juga harus melakukan monitoring karyawan agar mereka terus termotivasi untuk memberikan layanan terbaik.

Anda bisa memberikan pelatihan bagaimana menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan di samping pelatihan perawatan salon. Selain memberikan arahan dan pelatihan, Anda juga harus melakukan team building agar karyawan tak jenuh dan betah bekerja di salon Anda.

Buat Promosi Menarik

Keberlangsungan bisnis salon sangat bergantung pada datangnya pelanggan baru. Maka dari itu, Anda harus memutar otak mencari cara jitu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat promosi menarik.

Misalnya buat promosi gratis potong rambut jika melakukan perawatan hair spa. Anda juga bisa memberikan potongan harga pada hari atau jam tertentu, seperti membuat promo happy hour. Sebaiknya, ganti promo secara berkala agar pelanggan tertarik melakukan perawatan kembali di salon Anda.

Rencanakan Strategi Bisnis Digital Salon

Menerapkan bisnis digital salon sangat penting di era yang serba online. Anda bisa memanfaatkan layanan ads di media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk menargetkan calon pelanggan.

Dengan memasang ads, Anda bisa menampilkan informasi salon kepada pengguna media sosial serta menargetkan calon pelanggan, seperti jenis kelamin, usia, hingga jarak untuk mendapatkan iklan salon.

Terapkan juga penggunaan SEO dalam iklan di media sosial maupun di situs website salon Anda. Faktanya, penggunaan SEO yang tepat bisa membuat bisnis salon Anda menempati peringkat yang baik pada Google.

Caranya Anda harus membuat konten yang relevan dengan hal-hal terkini agar ketika calon pelanggan mencari suatu informasi, hasil yang diterima salah satunya adalah informasi mengenai salon Anda.

Gabung Menjadi Partner AXES by Traveloka

Kunci keberhasilan bisnis salon juga ditandai dengan dikenalnya salon Anda dan banyaknya pelanggan yang datang. Untuk membuat salon dikenal banyak orang tanpa harus repot membuat situs website sendiri, Anda bisa bergabung menjadi partner AXES by Traveloka.

Dengan bergabung bersama AXES, Anda bisa mengembangkan bisnis salon dengan praktis serta menjangkau pasar yang lebih luas. Pasalnya, Traveloka menghadirkan fitur-fitur untuk memberikan solusi bisnis berbasis teknologi.

Melalui AXES, Anda bisa mengidentifikasi peluang bisnis melalui analisa data AXES dalam kendali Anda, meningkatkan penjualan hingga 5x, serta mempercepat pertumbuhan bisnis dengan strategi berbasis data dari analisa berbagai laporan sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga bisa memperluas eksposur di ranah online lebih luas lagi dengan fitur EasyLink dan fitur Promo. Fitur EasyLink memungkinkan penggemar digital Anda untuk membeli tiket atau memesan perawatan langsung dari akun media sosial Anda. Dengan kata lain, sistem ini akan membawa followers langsung ke outlet bisnis Anda.

Sementara fitur Promo bisa meningkatan penjualan hingga 3x lipat. Dengan kemampuan untuk ikut promosi langsung melalui AXES, Anda dapat memberikan promosi paling menarik untuk target pelanggan dan ikut serta dalam berbagai promo menarik Traveloka.

Masih ragu untuk bergabung menjadi partner AXES? Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

Ajukan produk 4x lebih cepat: Kelola bisnis dan terhubung ke jutaan calon pelanggan lebih cepat dengan sistem AXES.
Atur pesanan dan staf dengan lebih optimal: Kemudahan mengatur pesanan yang datang dan menjalankan operasional bisnis.
Raih peningkatan penjualan hingga 5x lipat: Gunakan deretan fitur yang mendukung pengelolaan reservasi dan marketing.

Cara bergabung menjadi partner Traveloka AXES mudah. Anda bisa mendaftarkan aktivitas melalui axes.traveloka.com. Klik tombol Daftar Sekarang di atas, lalu isi informasi bisnis, kategori produk, dan data diri. Selanjutnya, Anda akan menerima 2 email yang dapat digunakan untuk mengaktifkan akun dan masuk ke dashboard AXES.

Sudah siap membangun bisnis salon kecantikan?

Tags:
AXES by Traveloka
AXES
Salon Kecantikan
tips bisnis
https://ik.imagekit.io/tvlk/image/imageResource/2020/09/07/1599465753575-77f524797308ad6f969af1ffba78ce3d.png?tr=q-75
Copyright © 2020 Traveloka. All Rights Reserved.