Xperience Team

06 Nov 2020 - 3 min read

Strategi Tingkatkan Pengunjung Salon yang Bisa Anda Coba

Membuka usaha salon klinik kecantikan menjadi pilihan bisnis yang menggiurkan. Pasalnya, bisnis salon klinik kecantikan selalu diminati banyak orang, khususnya wanita. Berbagai layanan salon klinik kecantikan menawarkan perawatan rambut dan tubuh yang tak bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bagi Anda yang hendak membuka atau menjalankan bisnis salon kecantikan, ada satu hal penting yang harus diperhatikan. Anda harus bisa meningkatkan pengunjung salon kecantikan demi keberlangsungan bisnis yang lancar. Berikut strategi bisnis untuk meningkatkan pengunjung salon kecantikan yang bisa Anda lakukan.

Meningkatkan Layanan Salon Demi Pertahankan Pelanggan Setia

Sebelum menerapkan strategi bisnis baru demi meningkatkan pengunjung salon, Anda harus bisa mempertahankan pelanggan setia. Strategi bisnis yang bsia dilakukan adalah dengan meningkatkan layanan salon agar pelanggan ingin kembali melakukan perawatan di salon Anda.

Misalnya secara perlahan Anda menambahkan beberapa jenis perawatan rambut baru atau menyediakan ragam produk kecantikan baru yang bisa dipilih pelanggan. Anda juga bisa menambah atau meningkatkan kualitas fasilitas yang Anda punya di salon.

Dengan begitu, pelanggan merasa nyaman mendapatkan perawatan di salon Anda dan memiliki keinginan untuk kembali lagi. Pastikan pelanggan merasa senang dan mudah mendapatkan perawatan dan pelayanan di salon Anda.

Bekerja Sama dengan Pihak Lain

Strategi bisnis lain yang bisa Anda lakukan adalah bekerja sama dengan pihak lain. Misalnya bekerja sama dengan kedai kopi atau toko baju dan pernak-pernik. Strategi ini bisa mendatangkan pelanggan salon kecantikan baru dengan memanfaatkan pelanggan yang datang ke toko tersebut.

Jika Anda ingin mencoba strategi ini, pastikan target pasarnya sama. Setelah itu, Anda bisa bekerja sama dengan saling meletakkan banner atau pamflet salon di toko partner. Berikan informasi promo seperti diskon atau gratis perawatan lain di pamflet atau banner sehingga calon pelanggan tergerak untuk datang ke salon Anda.

Rutin Adakan Promo dan Sediakan Kartu Anggota

Kebiasaan pelanggan adalah berburu promo untuk mendapatkan perawatan terbaik. Maka strategi bisnis selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin mengadakan promo. Tak perlu takut rugi, Anda hanya harus jeli dalam memberikan promo.

Anda bisa memberikan promo di hari kerja yang mana cenderung sepi pelanggan dibandingkan akhir pekan. Buat program promo pada jam-jam tertentu, misalnya jam makan siang untuk menggaet pelanggan baru.

Anda juga bisa membuat pelanggan salon setia dengan menyediakan layanan kartu keanggotaan. Buat skema poin, seperti setiap melakukan perawatan rambut, pelanggan akan mendapatkan poin tertentu. Nantinya, poin tersebut bisa digunakan untuk potongan harga perawatan atau gratis produk kecantikan. Dengan begitu, pelanggan salon akan terus datang ke salon Anda.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Menjaring Pelanggan Baru

Di zaman yang serba online, Anda juga harus melakukan strategi bisnis berbasis online. Salah satu strategi bisnis yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan media sosial. Strategi sederhana ini praktis dan tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

Gunakan media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk memberikan informasi layanan salon Anda. Mulai dari jenis perawatan, promo, hingga testimoni pelanggan. Buat postingan di media sosial dengan desain yang menarik agar menarik hati calon pelanggan. Selain itu, rutin mem-posting berbagai informasi setiap harinya.

Membuat Situs Salon Klinik Kecantikan

Selain menggunakan media sosial, Anda bisa meningkatkan pelanggan dengan cara membuat situs website salon dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Pengaplikasian SEO bisa membuat bisnis salon Anda menempati peringkat yang baik pada Google yang pada akhirnya bisa meningkatkan jumlah pelanggan.

Anda bisa membuat deskripsi salon yang baik untuk mempermudah pencarian. Misalnya dengan memasukkan nama salon dan informasi seputar jam operasional sampai hal menarik, seperti diskon.

Bergabung Menjadi Partner AXES by Traveloka

Anda juga bisa meningkatkan pelanggan dan mengembangkan bisnis salon klinik kecantikan tanpa repot membuat dan mengawasi situs webiste salon. Caranya adalah dengan menjadi partner AXES by Traveloka. Sebagai informasi, dashboard serba bisa untuk menjawab semua kebutuhan bisnis Anda.

AXES menghadirkan fitur-fitur lebih maju serta memberikan solusi bisnis berbasis teknologi. Dalam meningkatkan pelanggan salon, AXES memiliki fitur EasyLink yang memungkinkan penggemar digital Anda untuk membeli tiket atau memesan perawatan langsung dari akun media sosial Anda. Fitur ini akan membawa followers langsung ke outlet bisnis Anda.

Tak hanya itu, Anda dapatkan meningkatan penjualan hingga 3x lipat dengan ikut dalam berbagai promosi Traveloka. Dengan kemampuan untuk ikut promosi langsung melalui AXES, Anda dapat memberikan promosi paling menarik untuk target pelanggan dan ikut serta dalam berbagai promo menarik Traveloka.

Berikut adalah keuntungan yang Anda akan dapatkan jika bergabung menjadi partner AXES:

Ajukan produk 4x lebih cepat: Kelola bisnis dan terhubung ke jutaan calon pelanggan lebih cepat dengan sistem AXES.
Atur pesanan dan staf dengan lebih optimal: Kemudahan mengatur pesanan yang datang dan menjalankan operasional bisnis.
Raih peningkatan penjualan hingga 5x lipat: Gunakan deretan fitur yang mendukung pengelolaan reservasi dan marketing.

Untuk melakukan pendaftaran, kunjungi axes.traveloka.com. Klik tombol Daftar Sekarang di atas, lalu isi informasi bisnis, kategori produk, dan data diri. Selanjutnya, Anda akan menerima 2 email yang dapat digunakan untuk mengaktifkan akun dan masuk ke dashboard AXES.

Sudah siap meningkatkan pelanggan salon klinik kecantikan Anda

Tags:
AXES by Traveloka
AXES
Salon Kecantikan
tips bisnis
https://ik.imagekit.io/tvlk/image/imageResource/2020/09/07/1599465753575-77f524797308ad6f969af1ffba78ce3d.png?tr=q-75
Copyright © 2020 Traveloka. All Rights Reserved.