Xperience Team

20 Nov 2020 - 4 min read

Tips Kelola Gaji Karyawan Salon dan Klinik Kecantikan

Strategi membangun bisnis salon dan klinik kecantikan yang sukses tak hanya seputar memberikan pelayanan perawatan terbaik. Namun Anda juga harus memperhatikan manajemen karyawan di salon dan klinik kecantikan Anda.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana cara mengelola gaji karyawan. Pasalnya, hal ini seringkali menjadi permasalahan yang membuat bisnis salon Anda berantakan. Maka, simak serba-serbi mengenai pengelolaan gaji karyawan salon dan klinik kecantikan berikut ini

Ragam Sistem Gaji Karyawan Salon dan Klinik Kecantikan

Sebelum mengetahui tips mengelola gaji karyawan salon dan klinik kecantikan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ragam sistem gaji karyawan salon yang bisa dipilih. Berikut daftarnya.

Gaji Tetap

Gaji tetap menjamin karyawan Anda akan mendapatkan bayaran meskipun tidak bisa mendapatkan pelanggan. Meskipun banyak pekerjaan yang memilih gaji tetap, sistem gaji ini adalah sistem yang sering dipertimbangkan oleh pemilik salon.

Sistem gaji ini memiliki kelemahan, baik untuk karyawan maupun pemilik salon. Untuk karyawan salon, mereka tidak akan mendapatkan kompensasi untuk pekerjaan tambahan yang mereka lakukan di luar jam kerja.

Misalnya ada pelanggan yang datang mendekati jam tutup atau sebelum jam buka, karyawan tetap harus memberikan pelayanan terbaik. Bagi pemilik salon, kelemahannya adalah harus tetap menggaji karyawan walaupun tidak mencapai target pelanggan per bulannya.

Gaji Berbasis Komisi

Sistem gaji ini tidak menawarkan pembayaran dasar, sebagai gantinya karyawan akan dibayar berdasarkan pelanggan yang mereka layani. Jika karyawan berhasil mendapatkan banyak pelanggan dalam sebulan, maka bayaran yang akan ia terima pun jumlahnya besar.

Sistem gaji berbasis komisi ini memeliki kelebihan, yakni bisa mendorong karyawan untuk bekerja keras. Namun sistem gaji ini juga memiliki kekurangan. Karyawan yang tak mendapatkan banyak pelanggan bisa terbebani sehingga mempengaruhi kinerja mereka.

Besaran komisi yang Anda berikan ke karyawan salon bisa berdasarkan persentase pendapatan salon per pelanggan dan layanan perawatan. Tentunya angka ini sangat bervariasi antar salon, jadi Anda bisa menentukan yang terbaik. Misalnya 30%, 40%, atau bahkan 50% keuntungan dari layanan perawatan.

Gaji Berbasis Performa

Sistem gaji ini mirip dengan gaji berbasis komisi, yaitu karyawan akan menerima lebih banyak bayaran berdasarkan seberapa banyak pekerjaan yang mereka lakukan. Namun juga tergantung pada tarif per waktunya.

Kelebihan sistem gaji ini adalah tidak membebani karyawan salon, seperti sistem gaji komisi. Selain itu, sistem gaji berdasarkan performa bisa memberikan motivasi karyawan karena mereka akan menerima lebih banyak pendapatan dari pelanggan yang mereka layani. Namun karyawan Anda juga mungkin menerima gaji yang lebih kecil dari biasanya.

Tips Kelola Gaji Karyawan Salon dan Klinik Kecantikan

Setelah mengetahui sistem gaji yang bisa Anda pilih, kini saatnya mengelola gaji karyawan salon dan klinik kecantikan dengan tepat. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Gunakan Sistem Komisi Saat Memulai Bisnis Salon

Saat memulai bisnis salon, Anda bisa menggunakan sistem komisi terlebih dahulu untuk membayar karyawan salon. Hal ini guna memastikan pengeluaran bisnis salon berjalan dengan aman.

Faktanya, Anda tidak bisa memprediksi apakah akan banyak pelanggan yang datang ke salon Anda. Sistem komisi merupakan sistem pembayaran karyawan berdasar pelanggan yang mereka dapatkan dalam kurun waktu tertentu.

Misalnya Anda akan membayar komisi pegawai sebesar Rp 2 juta ketika berhasil mendapatkan 50 pelanggan dalam satu bulan. Jika tercapai 50 pelanggan dalam sebulan, Anda akan membayar penuh komisi tersebut. Namun jika target tidak tercapai, Anda hanya harus membayar komisi sesuai pelanggan yang dilayani oleh karyawan tersebut.

Jika dibandingkan dengan membayar gaji, sistem ini lebih menguntungkan untuk Anda di awal memulai bisnis salon. Anda bisa menggunakan sistem komisi ini hingga bisa mendapatkan pelanggan tetap, misalnya selama enam bulan awal menjalankan bisnis salon.

Susun Target Penjualan Salon

Setelah memutuskan untuk menggunakan sistem komisi, Anda harus menyusun target penjualan salon. Misalnya, Anda menargetkan 100 pelanggan dalam satu bulan untuk dua karyawan. Maka setiap karyawan harus mendapatkan 50 pelanggan.

Tentukan berapa komisi per pelanggan yang akan didapatkan sehingga bisa membuat pembukuan yang baik. Agar karyawan bisa meningkatkan kinerja, Anda bisa memberikan komisi tambahan ketika target pelanggan tercapai.

Anda bisa memberikan komisi sebesar Rp200 ribu jika target penjualan per bulannya tercapai. Agar performa pegawai terus meningkat, Anda bisa memberikan pelatihan kepada karyawan. Langkah ini penting dilakukan karena kinerja karyawan sangat berpengaruh terhadap komisi yang diberikan.

Gunakan Pihak Ketiga untuk Kelola Administrasi

Tips lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan pihak ketiga untuk mengelola administrasi bisnis salon. Walaupun pekerjaan ini terlihat mudah, nyatanya membutuhkan fokus tinggi dan waktu yang tak sedikit.

Pada dasarnya pemilik salon bisa saja mengelola administrasi, tapi langkah ini justru bisa mengurangi keefektifan bekerja. Dibutuhkannya waktu untuk mengurus administrasi, pemilik salon harus meluangkan waktu di luar tugas lainnya.

Maka dibutuhkan pihak ketiga untuk membuat pemilik salon bisa mencapai tujuan bisnisnya dengan lancar. Pihak ketiga ini bertugas untuk melakukan penggajian, perhitungan PPh 21, perhitungan lembur, dan absensi yang berpengaruh terhadap pengelolaan gaji karyawan.

Sukseskan Bisnis Salon dengan Bergabung Menjadi Partner AXES

Di dunia bisnis yang serba digital, Anda bisa membuat salon sukses dengan cara yang praktis. Salah satunya dengan bergabung menjadi partner AXES by Traveloka. AXES merupakan dashboard serba bisa yang dilengkapi dengan ragam fitur untuk menjawab semua kebutuhan bisnis Anda.

Dalam mengatur karyawan, Anda bisa memanfaatkan Sistem Manajemen Pegawai AXES untuk meraih operational excellence . Anda bisa mengoptimisasi karyawanmelalui fitur Sistem Monitor Pegawai yang memberikan kemudahan bagi manajer outlet untuk mengakses jadwal reservasi dengan pelanggan.

Berikut adalah keuntungan yang Anda akan dapatkan jika bergabung menjadi partner AXES:

Ajukan produk 4x lebih cepat: Kelola bisnis dan terhubung ke jutaan calon pelanggan lebih cepat dengan sistem AXES.
Atur pesanan dan staf dengan lebih optimal: Kemudahan mengatur pesanan yang datang dan menjalankan operasional bisnis.
Raih peningkatan penjualan hingga 5x lipat: Gunakan deretan fitur yang mendukung pengelolaan reservasi dan marketing.

Untuk melakukan pendaftaran, kunjungi axes.traveloka.com. Klik tombol Daftar Sekarang di atas, lalu isi informasi bisnis, kategori produk, dan data diri. Selanjutnya, Anda akan menerima 2 email yang dapat digunakan untuk mengaktifkan akun dan masuk ke dashboard AXES.

Buat sukses bisnis salon Anda dengan sekali klik!

Tags:
AXES by Traveloka
AXES
Salon Kecantikan
tips bisnis
https://ik.imagekit.io/tvlk/image/imageResource/2020/09/07/1599465753575-77f524797308ad6f969af1ffba78ce3d.png?tr=q-75
Copyright © 2020 Traveloka. All Rights Reserved.