Xperience Team

18 Dec 2020 - 3 min read

Tips Memulai Bisnis Salon Kecantikan Rumahan Agar Sukses

Terus meningkatnya kebutuhan akan perawatan rambut dan tubuh, membuat bisnis salon kian diminati. Bisa dibilang industri salon terus memberikan keuntungan karena selalu ada peminatnya. Maka tak heran jika bisnis salon bermunculan dan makin menjamur.

Mungkin Anda adalah salah satu yang tergiur akan bisnis salon. Memang bisnis salon bisa menghasilkan keuntungan, tapi Anda harus hati-hati dalam memulai dan mengoperasikan bisnis salon. Jika belum memiliki banyak modal seperti untuk menyewa tempat, Anda bisa memulainya dengan membuka salon rumahan.

Tips Memulai Bisnis Salon Rumahan

Untuk memulai bisnis salon rumahan, Anda harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu. Hal ini guna bisnis salon bisa berjalan sesuai target hingga tak cepat tutup. Berikut tips memulai bisnis salon rumahan yang bisa Anda lakukan.

Buat Rincian Modal dan Rencana Bisnis yang Detail

Keputusan membuat salon rumahan biasanya terjadi karena Anda memiliki modal minim sehingga tidak bisa menyewa tempat. Maka dari itu, Anda harus membuat rincian modal dan rencana bisnis yang detail. Adapun yang harus Anda pastikan dalam membuat rincian modal antara lain biaya peralatan salon, perizinan lokasi, gaji karyawan, hingga biaya untuk membuat iklan dan promosi.

Pastikan dalam membuat rincian modal, Anda telah menentukan target pasar yang dituju serta konsep salon yang ingin digunakan. Selain itu, jangan sampai Anda kekurangan modal karena salah mengambil langkah.

Misalnya membeli peralatan salon dengan gegabah sehingga menyebabkan kekurangan modal. Anda bisa membeli peralatan salon saat diskon atau mencari toko yang menjual peralatan salon lebih murah.

Kunci memulai bisnis salon rumahan agar sukses adalah Anda bisa mengatur keuangan secara detail. Selain itu, usahakan pengeluaran saat memulai bisnis salon tidak melebihi jumlah modal.

Susun Layanan Perawatan yang Akan Diberikan

Jika menilik pada bisnis salon besar, tentu banyak layanan perawatan yang mereka berikan. Namun karena keterbatasan karyawan dan peralatan, Anda bisa menentukan terlebih dahulu layanan yang akan diberikan di salon Anda.

Anda bisa memilih layanan perawatan yang banyak diminati orang dan sesuai target pasar yang Anda tuju. Setelah itu, pekerjakan karyawan yang memiliki keahlian memberikan layanan perawatan tersebut. Nantinya jika salon telah mendapatkan banyak pelanggan, Anda bisa perlahan menambah jenis perawatan lain.

Buat Promosi Online yang Menarik

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat promosi secara online. Untuk melakukan tips ini, Anda harus peka terhadap tren salon terkini. Mulai dari gaya rambut yang sedang hits hingga perawatan tubuh apa yang kini diminati banyak orang.

Setelah itu, Anda bisa membuat konten promosi online yang menarik di berbagai platform, seperti Facebook hingga Instagram. Membuat promosi salon secara online lebih hemat biaya. Tips ini bisa Anda lakukan demi menggaet target pasar yang tinggalnya jauh dari salon rumahan Anda.

Buatlah konten promosi yang menarik seperti tips merawat rambut dan tubuh hingga promo yang salon Anda berikan. Sehingga akan banyak calon pelanggan yang tertarik mendatangi salon rumahan Anda.

Buat Bisnis Salon Rumahan Makin Sukses dengan AXES by Traveloka

Ada tips penting lainnya yang bisa kamu gunakan agar bisnis salon rumahan makin sukses. Di dunia yang serba digital ini, Anda diharuskan untuk bisa menjual perawatan salon secara online. Pasalnya, memasang membuat konten promosi online saja tidak cukup. Maka Anda bisa bergabung menjadi partner AXES by Traveloka.

Dengan bergabung di AXES, Anda bisa mendapatkan manajemen aktivitas yang mudah hingga dapat meningkatkan penjualan 5x lipat. Cara kerja AXES bisa membuat bisnis Anda tetap berjalan di tengah pandemi karena lain pengguna Traveloka dapat melihat aktivitas bisnis Anda dari berbagai platform, termasuk aplikasi dan website.

Perlu diketahui, tantangan pebisnis menjalankan usahanya di antaranya terbatasnya akses untuk berkembang, proses administrasi yang rumit, serta kelemahan dalam analisa data. Dengan bergabung bersama AXES, Anda bisa mengatasi masalah tersebut sekaligus mendapatkan otonomi penuh atas bisnis Anda.

Faktanya, AXES menyediakan manajemen produk dan inventori serta analisa data dan laporannya. Bahkan AXES memberikan kontrol sepenuhnya 24/7 dengan dashboard canggih yang sangat mudah digunakan. Anda bisa mengdentifikasi peluang bisnis melalui analisa data AXES dalam kendali Anda, meningkatkan penjualan hingga 5x, serta mempercepat pertumbuhan bisnis dengan strategi berbasis data dari analisa berbagai laporan sesuai kebutuhan Anda.

Berikut keuntungan lain yang akan Anda dapatkan jika mendaftar menjadi partner AXES:

Ajukan produk 4x lebih cepat: Kelola bisnis dan terhubung ke jutaan calon pelanggan lebih cepat dengan sistem AXES.
Atur pesanan dan staf dengan lebih optimal: Kemudahan mengatur pesanan yang datang dan menjalankan operasional bisnis.
Raih peningkatan penjualan hingga 5x lipat: Gunakan deretan fitur yang mendukung pengelolaan reservasi dan marketing.

Untuk melakukan pendaftaran, kunjungi axes.traveloka.com. Klik tombol Daftar Sekarang di atas, lalu isi informasi bisnis, kategori produk, dan data diri. Selanjutnya, Anda akan menerima 2 email yang dapat digunakan untuk mengaktifkan akun dan masuk ke dashboard AXES.

Sudah siap memulai bisnis salon rumahan?

Tags:
axes-by-traveloka
axes
salon-kecantikan
tips-bisnis
https://ik.imagekit.io/tvlk/image/imageResource/2020/09/07/1599465753575-77f524797308ad6f969af1ffba78ce3d.png?tr=q-75
Copyright © 2020 Traveloka. All Rights Reserved.