Xperience Team

06 Nov 2020 - 4 min read

Tips Meningkatkan Visibilitas Bisnis Salon via Online

Setiap bisnis salon pastinya ingin memiliki banyak pelanggan. Maka dibutuhkan cara yang tepat untuk terus mendatangkan pelanggan ke salon Anda. Apalagi di tengah pandemi seperti ini di mana jumlah pelanggan menurun. Salah satu kunci agar bisnis salon sukses adalah mengaplikasikan langkah berbisnis tepat dalam dunia yang kini serba online.

Cara yang bisa Anda lakukan agar bisnis salon tetap berjalan dan menguntungkan, yakni meningkatkan visibilitas bisnis salon secara online. Strategi pemasaran ini perlu dilakukan guna membangun eksistensi online yang kuat dan pada akhirnya terus mendatangkan pelanggan.

Mengapa Harus Meningkatkan Visibilitas Bisnis Secara Online?

Alasan paling kuat untuk Anda meningkatkan visibilitas bisnis salon secara online adalah kini dunia sudah bergerak serba digital. Bahkan hampir semua bisnis sudah mulai terjun ke dunia digital marketing agar terus berkembang.

Untuk meningkatkan visibilitas bisnis salon, Anda bisa membangun brand awareness dengan bantuan berbagai platform online. Hal ini guna meningkatkan kesempatan bisnis Anda mendapatkan pelanggan. Dengan begitu, calon pelanggan terus mendapatkan informasi mengenai keberadaan salon Anda hingga mengetahui layanan apa saja yang diberikan hanya bermodalkan gawai tanpa harus ke luar rumah.

Tips Meningkatkan Visibilitas Bisnis Salon Via Online

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan visibilitas bisnis salon. Berikut tips untuk meningkatkan visibilitas bisnis salon Anda via online.

Gunakan Google Bisnisku

Dengan menggunakan Google Bisnisku, Anda sebagai pelaku bisnis bisa mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya mempermudah calon pelanggan untuk mengetahui informasi lengkap mengenai salon Anda.

Kebiasaan orang kini mencari apapun melalui Google sehingga kamu perlu membuat Google Bisnisku agar calon pelanggan mudah mendapatkan informasi valid dan terpercaya mengenai salon. Informasi yang diberikan pun lengkap, mulai dari nama salon, deskripsi, jam operasional, bahkan sampai ulasan dari para pelanggan.

Google Bisnisku juga bisa menjadi media komunikasi dan analisis pelanggan. Melalui fitur ulasan, calon pelanggan bisa mengajukan pertanyaan yang dapat dijawab oleh pelaku bisnis atau pelanggan lain. Ada juga fitur Analytic yang membantu Anda melihat performa salon, jumlah pelanggan yang menemukan salon Anda, dan interaksi pelanggan dengan bisnis Anda.

Maksimalkan Penggunaan SEO

Jika berbisnis di dunia yang serba digital, tandanya Anda harus memaksimalkan penggunaan SEM (Search Engine Marketing) dan SEO (Search Engine Optimization). Penggunaan SEM (berbayar) dan SEO (tidak berbayar) menjadi cara jitu untuk meningkatkan visibilitas salon Anda.

Dalam penggunaannya, SEO bisa membuat bisnis salon Anda menempati peringkat yang baik pada Google yang pada akhirnya bisa meningkatkan jumlah pelanggan. Ada beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan SEO, yakni Anda harus membuat konten yang relevan dengan hal-hal terkini karena itu lah yang banyak dicari oleh calon pelanggan.

Selain itu, buatlah deskripsi salon yang baik untuk mempermudah pencarian. Misalnya dengan memasukkan nama salon Anda dan informasi seputar jam operasional sampai hal menarik, seperti diskon. Anda juga harus mengunggah foto maupun video yang sesuai dengan bisnis salon Anda.

Anda juga harus rajin memperbarui SEO. Faktanya, Google memperbarui sistem algoritmanya lebih dari 100 kali dalam satu tahun. Sehingga layanan salon Anda akan terlihat selalu online dan bisa menjangkau pelanggan. Dalam menentukan SEO, Anda harus menemukan kata kunci yang bisa meningkatkan bisnis salon.

Buat Konten yang Tepat

Membuat konten juga menjadi cara jitu untuk meningkatkan visibilitas bisnis salon Anda. Walaupun sudah rajin membuat konten menarik, Anda jangan lupa memperhatikan hal yang satu ini. Anda harus memastikan konten terlihat baik di desktop maupun mobile.

Maka dari itu, pastikan penempatan konten dan ukuran gambar juga nyaman dilihat di perangkat gawai. Anda perlu tahu, tampilan situs yang tak nyaman dipandang turut berpengaruh terhadap ketertarikan calon pelanggan.

Pasang Iklan Online

Ada banyak cara memasang iklan secara online demi meningkatkan jumlah visibilitas. Misalnya, Anda bisa memasang iklan di Google dengan Display Ads, iklan di media sosial, hingga memasang iklan di situs dengan rating yang tinggi.

Namun perhatikan kekurangan dari setiap media iklan yang Anda pilih. Misalnya jika memilih Google Display Ads, Anda harus bisa memastikan lokasi penayangan iklan sesuai dengan target pasar. Anda juga membutuhkan riset mendalam untuk menentukan target pasar yang tepat jika memasang iklan di media sosial.

Setelah memasang iklan online, Anda harus mengukurnya sebagai bentuk analisis keberhasilan iklan. Anda bisa memanfaatkan Google Analytics untuk mengetahui jumlah kunjungan hingga banyaknya impression. Dengan hasil tersebut, Anda bisa menilai mana iklan yang harus diperbaiki dan mana yang harus dilanjutkan.

Tingkatkan Visibilitas Bisnis Bersama AXES by Traveloka

Jika ingin mengembangkan bisnis tanpa repot dan bisa menjangkau pasar yang luas, Anda bisa menjadi partner AXES by Traveloka. AXES yang merupakan dashboard serba bisa untuk menjawab semua kebutuhan bisnis Anda menghadirkan fitur-fitur bisnis berbasis teknologi.

Dengan AXES, Anda bisa meningkatkan visibilitas salon dan meraih eksposur yang lebih luas lagi dengan ragam fitur. Mulai dari fitur EasyLink yang yang memungkinkan penggemar digital Anda untuk membeli tiket atau memesan perawatan langsung dari akun media sosial Anda. Hingga fitur Promo untuk memberikan promosi paling menarik demi mengaget target pelanggan dan ikut serta dalam berbagai promo menarik Traveloka.

Berikut adalah alasan mengapa Anda harus bergabung menjadi partner AXES:

Ajukan produk 4x lebih cepat: Kelola bisnis dan terhubung ke jutaan calon pelanggan lebih cepat dengan sistem AXES.
Atur pesanan dan staf dengan lebih optimal: Kemudahan mengatur pesanan yang datang dan menjalankan operasional bisnis.
Raih peningkatan penjualan hingga 5x lipat: Gunakan deretan fitur yang mendukung pengelolaan reservasi dan marketing.

Ada lebih dari 2.000 bisnis telah memercayai Traveloka untuk menjalin hubungan yang kuat dan sinergis. Segera bergabung menjadi partner Traveloka karena caranya pun mudah. Kunjungi axes.traveloka.com. Klik tombol Daftar Sekarang di atas, lalu isi informasi bisnis, kategori produk, dan data diri. Selanjutnya, Anda akan menerima 2 email yang dapat digunakan untuk mengaktifkan akun dan masuk ke dashboard AXES.

Tags:
AXES by Traveloka
AXES
Salon Kecantikan
tips bisnis
https://ik.imagekit.io/tvlk/image/imageResource/2020/09/07/1599465753575-77f524797308ad6f969af1ffba78ce3d.png?tr=q-75
Copyright © 2020 Traveloka. All Rights Reserved.